Cara Pengembalian Barang di Shopee dan Ketentuannya

 

Shopee merupakan suatu platform ecommerce yang pasti sudah sangat dikenal di Indonesia saat ini. Platform ini menjadi salah satu yang terbesar dengan tingkat penjualan yang sangat tinggi setiap harinya. Dengan reputasi yang ada, Shopee berusaha memberikan layanan terbaik bagi para pengunanya, baik itu untuk merchants dan juga untuk pembeli. Dari sisi pembeli, ada opsi pengembalian barang yang bisa digunakan. Hal ini disediakan karena akses belanja online memang cukup rawan terjadi masalah mulai dari masalah dalam pengiriman hingga pada kerusakan dan kondisi barang. Ketika anda pun ternyata ingin memberikan komplain karena barang tidak sesuai dengan pesanan anda, anda perlu tahu cara pengembalian barang di shopee.

 

Shopee memang memberikan opsi yang satu ini. Pada dasarnya, ada dua opsi yang bisa anda pilih. Pertama, itu adalah pengembalian barang. Kedua, hal itu adalah refund atau pengembalian  uang yang sudah anda gunakan untuk membayar. Namun, semua itu akan perlu melalui proses yang ada. Secara umum, prosesnya akan anda temukan di dalam akun anda. Anda cukup masuk ke aplikasi yang sudah login di akun anda sendiri. Lalu, anda masuk ke tab Saya dan pilih ke bagian pesanan. Dari sana, anda bisa pilih Ajukan Pengembalian untuk menemukan menu Status Pengajuan. Anda bisa lihat barang apa saja yang sudah anda bayar dan sudah dikirimkan. Anda pilih saja produk yang ingin anda kembalikan itu dan kemudian berikan alasan kenapa anda ingin mengembalikan barang tersebut.

 

Untuk layanan ini, Shopee  sudah menentukan kebijakan untuk pengembalian barang. Barang bisa dikembalikan bila produk yang dikirimkan itu salah. Dengan kata lain, produk itu tidak sesuai dengan produk yang sebenarnya anda beli. Lalu, pengembalian barang juga bisa dilakukan ketika produk cacat atau produknya itu rusak sehingga tidak bisa digunakan semestinya. Ketiga, itu bisa anda kembalikan ketika produk itu tidak sesuai dengan deskripsi dan foto yang diberikan oleh merchants atau penjualnya. Dalam hal ini, Shopee pun membagi produk itu dari dua sumber. Untuk sumber dari Shopee Mall, anda bisa langsung mengembalikan itu ke penjualnya. Sedangkan untuk produk yang bukan dari Shopee Mall, anda perlu menunggu dahulu respons dari penjual dalam waktu  maksimal tiga hari. Bila disetujui oleh penjual, pengambalian barang bisa anda lakukan. Namun bila penjual ternyata tidak menyetujuinya, nantinya tim dari Shopee yang akan menindaklanjuti pengajuan pengembalian barang anda tersebut.

 

Untuk pengembalian dana, tentu ada ketentuan yang berbeda. Pengembalian dana itu akan diberikan ketika memang pesanan atau barang yang sudah anda bayar itu tidak sampai setelah kurun waktu yang ada. Ini akan dicek juga ke bagian tim pengiriman logistik untuk mengetahui kebenarannya. Lalu, itu bisa juga diajukan ketika barang yang anda terima tidak lengkap. Misalkan saja, anda membeli dan membayar untuk lima barang tapi yang sampai ke anda hanyalah tiga barang saja. Dua opsi untuk pengembalian barang dan refund itu memang berbeda untuk tiap kondisi dan ketentuan yang ada sehingga anda perlu cek juga.

 

Dalam hal pengembalian barang, anda perlu memberikan bukti yang akurat. Cara terbaiknya memang dengan memberikan foto atau video. Pastinya, ini akan lebih baik bila itu berupa video yang berisi mulai dari proses anda membuka kemasannya. Dengan cara ini, pihak dari Shopee akan bisa lebih percaya bila ada masalah dalam pengirimannya karena semua dimulai dari video ketika anda membuka paket tersebut hingga menunjukkan detail barang yang anda rasa mengecewakan hingga anda ingin mengajukan pengembalian barang.