Makanan Khas Surabaya yang Cukup Terkenal dan Banyak Dicari Para Wisatawan

Surabaya sendiri dikenal luas masyarakat Indonesia sebagai kota yang mempunyai banyak sekali destinasi wisata alam cukup menarik. Oleh karenanya tidak heran jika setiap akhir tahun tiba jalanan yang ada di Surabaya selalu dipadati oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Selain  untuk mengunjungi destinasi wisata alam yang cukup menarik di Surabaya, tidak sedikit tujuan para wisatawan dari luar kota mendatangi Kota Pahlawan hanya untuk menikmati makanan khasnya. Hal itu wajar mengingat makanan khas Surabaya mempunyai cita rasa tersendiri yang mampu membuat siapapun ketagihan setelah pertama kali mencicipinya. Lantas apa saja makanan khas dari Surabaya itu?.

3 Makanan Khas Surabaya yang Wajib Dibeli dan Dicoba

Untuk Anda yang ingin menikmati makanan khas kota pahlawan dengan cita rasa pedas dan manis bisa mendatanginya dengan menggunakan jasa Agen Travel Surabaya. Nantinya agen travel itu akan mengantarkan Anda ke beberapa tempat makan yang menjual kuliner khas Surabaya itu. Adapun beberapa makanan khas Surabaya yang bisa Anda coba seperti berikut ini.

  1. Rujak Cingur

Makanan khas Surabaya pertama yang bisa Anda coba ketika sedang menginjakkan kaki di Kota Pahlawan itu yakin rujak cingur. Rujak cingur ini bahan dasarnya dibuat dari moncong sapi yang ditambahkan dengan bumbu kacang dan petis. Dengan begitu menghasilkan cita rasa gurih pada rujak tersebut. Untuk moncong sapinya sendiri diolah dengan cara direbus terlebih dahulu kemudian dipotong kecil-kecil. Biasanya untuk satu porsinya rujak itu berisi potongan cingur, sayuran yang semuanya disajikan bersama dengan bumbu petis. Selain mempunyai cita rasa yang khas, makanan dari Surabaya ini juga memiliki tekstur pinggul kenyal sama halnya dengan jeroan sapi pada umumnya. Agar rasanya lebih nikmat anda bisa menghidangkannya bersama dengan ketupat.

  1. Lontong Balap

Untuk menemukan lontong balap sendiri di Surabaya terbilang sangatlah mudah. Pasalnya di Kota Pahlawan sudah banyak warung yang menjual lontong balap itu dengan harga sangat terjangkau. Diketahui bahan dasar untuk pembuatan makanan khas Surabaya itu berupa lontong dan tahu goreng. Bukan hanya itu saja namun agar rasanya lebih lezat orang-orang juga menambahkan lanthp yang nantinya akan disiram menggunakan cambah dan kuah tauge. Dengan cita rasa gurih manis menyebabkan lontong balap ini sangat cocok disantap ketika siang hari. Berbicara mengenai harganya lontong balap itu satu porsinya dibandrol sangat terjangkau.

  1. Rawon

Rawon merupakan makanan khas Surabaya yang memiliki bentuk seperti sup pada umumnya. Namun pada rawon ini terdapat perbedaan di mana kuahnya berwarna hitam. Penyebab mengapa kuah rawon itu bisa berwarna hitam dikarenakan di dalam pembuatannya ditambahkan dengan rempah kluwek. Sama halnya dengan lontong balap di Surabaya sendiri untuk mendapatkan kuliner ini sangatlah mudah. Dikarenakan sudah banyak warung makan yang menyediakannya dengan harga sangat terjangkau. Aroma pada rawon ini juga sangat menyengat yang disebabkan karena dibuat dengan perpaduan aneka rempah seperti daun jeruk, serai dan cabe. Bagi warga Surabaya sendiri umumnya rawon itu disajikan bersama dengan nasi hangat dan toping berupa kerupuk.

Itulah tadi ulasan singkat tentang 3 makanan khas Surabaya yang cukup terkenal dan wajib Anda coba ketika sedang berada di kota pahlawan tersebut. Dalam hal ini agar nantinya ketika menyantap ketiga kuliner di atas bisa terasa lebih menyenangkan sebaiknya ajak keluarga atau teman tercinta untuk menikmati bersama.