Kumpulan Doa Nikah Untuk Pengantin Menurut Anjuran Rasulullah

Doa Nikah

Pernikahan itu adalah suatu bentuk ibadah yang amat mulia dan sakral. Dalam agama Islam, proses pernikahan yang sahih sudah diatur dengan rinci. Seorang mempelai dapat memanjatkan beberapa doa pada hari perkawinannya, baik itu doa setelah akad nikah ataupun doa saat malam pertama. Jadi selain berencana memesan undangan online di nicewedding.id, kamu juga harus mengetahui doa nikah sebelum kamu menikah.

Selain itu, para undangan yang hadir juga disarankan untuk memberikan doa untuk kedua mempelai agar diberi keberkahan dan kebahagiaan di dalam hidup pernikahannya. Doa tersebut harus diucapkan secara tuntas ketika menghadiri acara pesta pernikahan atau walimatul ursy. Berikut ini, kami sudah merangkumkan doa-doa nikah untuk mempelai yang hendak melangsungkan pernikahan menurut ajaran Islam.

Anjuran Menikah Menurut Al-Quran dan Hadits

Tidak hanya itu, di dalam Al-Quran dan Hadits juga terdapat anjuran yang jelas mengenai pernikahan. pernikahan ialah saat seseorang beralih dari masa remaja kehidupan menuju masa dewasa dengan membentuk sebuah keluarga. Ia adalah ikatan lahir dan batin antara dua orang manusia, yaitu laki-laki dan perempuan, untuk memenuhi tujuan kehidupan sebagai pasangan suami istri dengan syarat dan aturan yang telah ditetapkan dalam syariat Islam.

Allah SWT telah menunjuk jalan penikahan sebagai cara bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan biologisnya secara halal agar terhindar dari perbuatan zina. Selain itu, pernikahan juga merupakan upaya untuk memperoleh keturunan dan kedamaian batin.

Anjuran menikah telah diperintahkan Allah SWT di dalam firman yang terdapat pada QS. Surat Ar Rum: 21:

وَمِنْ اٰيٰتِهٖٓ اَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ اَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوْٓا اِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَّوَدَّةً وَّرَحْمَةً ۗاِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir. (QS. Surat Ar Rum: 21)

Menikah juga salah satu sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW, bahkan Rasulullah SAW menyatakan orang yang membenci pernikahan bukan termasuk golonganya.

Doa Pernikahan Islami

Doa Islami untuk memohon keberkahan hidup, kelapangan rezeki, serta keharmonisan dalam keluarga dapat diucapkan bagi pengantin baru.

Tidak hanya itu, ketika diundang dalam acara walimatul ursy atau pesta pernikahan, seorang Muslim dianjurkan untuk mempersembahkan doa pernikahan bagi kedua mempelai agar diberkahi dalam kehidupan pernikahannya. Hal ini menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap Muslim.

Kawajiban datang ke resepsi pernikahan dan walimah telah tercantum di dalam hadits Ibnu Umar bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

إذا دعي أحدكم إلى الوليمة فليأتها

Idzaa du’iya ahadukum ilalwaliimati falyatiiha (HR. Bukhari)

Menurut para ulama, kehadiran dalam walimatul ‘ursy dianggap sebagai suatu kewajiban bagi setiap Muslim. Oleh karena itu, seseorang seharusnya tidak melewatkan kesempatan untuk menghadiri acara tersebut tanpa alasan yang kuat. Namun, mengonsumsi hidangan yang tersedia di acara tersebut adalah hal yang disunnahkan, tidak diwajibkan bagi setiap tamu yang hadir.

Ketika menghadiri resepsi pernikahan, ada baiknya untuk mengucapkan doa pernikahan sebagai ungkapan harapan yang baik untuk pengantin. Rasulullah SAW juga memberikan contoh doa yang bisa dijadikan pedoman saat menghadiri acara pernikahan, seperti yang tertera dalam buku Ritual dan Tradisi Islam Jawa yang ditulis oleh KH Muhammad Sholikhin. Berikut adalah beberapa contoh doa nikah untuk pengantin baru yang dapat dibaca dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya:

1. Doa Nikah Diberi Keberkahan dan Kebaikan Untuk Suami Istri

Doa nikah ini umum diucapkan ketika seorang muslim datang ke pernikahan seorang muslim lainnya, dengan membacakan doa berharap pengantin diberi keberkahan hidup dan kebaikan sebagai suami isti.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِى خَيْرٍ

Bacaan Latinnya: Baarakallahu laka wabarakoa ‘alaika wajma’a bainakumaa fii khoir.

Arti dalam bahasa indonesia : Semoga Allah memberikan berkah untukmu, semoga Allah memberi berkah padamu dan menghimpun kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan”.

2. Doa Nikah Mendapatkan Keberkahan Hidup

Doa nikah ini diucapakan oleh pengantin pria untuk memohon keluasan rezeki untuk keluarga barunya :

اللهم بارِكْ لي في أهلي، وبارِكْ لأهلي فِيَّ،

Bacaan Latinnya: Allahumma barik li fi ahli, wa barik ahli fiya.

Artin dalam bahasa Indonesia : Ya Allah berkahilah kehidupanku dalam keluargaku, juga berkahilah keluargaku dalam hidupku.

3. Doa Pernikahan Untuk Mendapatkan Keluasan Rezeki

Berikut ini adalah doa nikah yang bisa dibacakan setelah proses akad nikah untuk mendapatkan keluasan rezeki setelah menikah :

اللهم ارزقْهم مِنِّي، وارزقْني منهم،

Bacaan Latinnya: Allahumarzuqhum minni, warzuqni minhum.

Arti dalam bahasa Indonesia : Ya Allah berikanlah rezeki untuk keluargaku dari ku dan berikanlah rezeki untukku dari keluargaku.

4. Doa Nikah Untuk Dijauhkan dari Perpisahan

Berikut ini adalah doa yang dibacakan untuk dijauhkan dari perpisahan atau perceraian dalam pernikahan :

اللهم اجمع بينَنا ما جمعتَ في خيرٍ، وفرِّق بيننا إذا فرقتَ في خيرٍ

Bacaan Latinnya: Allahummajma’ bainana ma jama’ta fi khair. wa farriq bainana idza faraqta fi khair.

Arti dalam bahasa indonesia adalah : Ya Allah kumpulkanlah kami sebagaimana Engkau kumpulkan dalam kebaikan, juga jangan pisahkan kami kecuali dalam perpisahan yang baik.

5. Doa Setelah Menikah Agar Diberi Kerukunan seperti Keluarga Nabi

Untuk doa selanjutnya adalah doa untuk memohon agar diberi kerukunan dalam berumah tangga seperti keluarga para Nabi :

اَللّٰهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ أَبِيْنَا آدَمَ وَأُمِّنَا حَوَّاءَ، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَيِّدَتِنَا خَدِيْجَةَ اْلكُبْرَى، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ سَيِّدِنَا عَلِىٍّ وَسَيِّدَتِنَا فَاطِمَةَ الزَّهْرَاءِ، وَ أَلِّفْ بَيْنَهُمَا كَمَا أَلَّفْتَ بَيْنَ الْمَاءِ وَالثَّلْجِ.

Bacaan Latinnya: Allahumma Allif bainahuma kamaa allafta baina aadama wa ammanaa hawwaa a wa allaf bainahumaa kamaa allafta baina sayyidina muhammadin shollallahu ‘alaihi wasallama wasayyidatina khodijatal kubraa, wa allif bainamuha kamaa allafta baina sayyidina ‘aliyii wasayyidatina fathimatazzahraa wa allif bainahuma kamaa allafta bainalmaai watstalji.

Arti  dalam bahasa Indonesia : Ya Allah, Ya Karim Ya Waduud, untuk putra-putri kami yang telah bersanding di atas pelaminan nan indah dekornya, rukunkanlah dua mempelai ini sebagaimana Engkau telah merukunkan Bapak kami Adam dan Ibu kami Hawaa. Rukunkanlah keduanya sebagaimana Engkau telah merukunkan junjungan kami Nai Muhammad SAW dan Khadijah Al Qubro. Dan rukunkanlah keduanya sebagaimana Engkau merukunkan Ali bin Abi Thalib  dan Fatimah Az Zahra dan cinta yang  Engkau jadikan penghias  keluarga Nabi-Mu yang suci.

6. Doa Setelah Pernikahan Untuk Mendapatkan Ampunan dan Dilimpahkan Kasih Sayang

Berikut ini adalah bacaan doa nikah untuk diberikan ampunan serta dilimpahkan kasih sayang :

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Bacaan Latinnya: Allaahummaghfirlahum warkhamhum wa baariklahum fiimaa razaqtahum.

Arti dalam bahasa indonesia : Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka. (HR. Ahmad)

7. Doa Mengharapkan Kelanggengan Dalam Berumah Tangga

Berikut ini adalah bacaan doa setelah menikah untuk mengharapkan kelanggengan dalam berumah tangga sampai akhir hayat  :

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا العَقْدَ عَقْدًا مُبَارَكًا عَقْدًا لَيْسَتْ عَاقِبَتُهُ فِرَاقًا وَلَا خُصُوْمًا عَقْدًا مُبَارَكًا لَهُمَا وَعَلَيْهِمَا فِى أُوْلَاهُمَا وَأُخْرَاهُمَا حَتَّى يَلْقَاكَ وَأَنْتَ رَاضٍ عَنْهُمَا يَارَبَّ العَالَمِيْنَ

Arti dalam bahasa indonesia : Ya Allah, jadikanlah akad ini, akad yang penuh berkah, akad yang tidak ada setelahnya perpisahan (perceraian) maupun permusuhan, akad yang diberkahi bagi keduanya dan kepada keduanya dari awal sampai akhirnya hingga keduanya bertemu Engkau dan Engkau ridha kepada keduanya Wahai Tuhan Semesta Alam.

Sekian itulah tadi yang dapat kami sampaikan tentang doa nikah, semoga bisa bermanfaat dan membuat pernikahan kamu nantinya akan mendapatkan keberkahan dan jalan terbaik di sepanjang kehidupan rumah tanggamu, Wallahu A’lam.