Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu merk perangkat elektronik yang bisa saja mengalami masalah seperti aplikasi tidak dapat terpasang. Tapi jika mengalaminya, kamu bisa coba cara mengatasi aplikasi tidak terpasang di Xiaomi.

Masalah ini sebenarnya tidak hanya dialami oleh pengguna Xiaomi saja, melainkan juga dialami oleh banyak merk ponsel lainnya. Kalau kamu mengalaminya, tentu saja akan sangat menjengkelkan.

Saat ingin dan ngebet banget pakai aplikasi tertentu, kamu malah nggak bisa menggunakannya. Tapi tenang, kami sudah menyediakan banyak metode biar kamu bisa langsung mengatasinya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di Xiaomi

Jika kamu mengalami masalah ini, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apapun. Melainkan kamu masih bisa menggunakan beberapa cara buat mengatasinya:

  1. Periksa Memori Internal

Pertama sebelum kamu mengatasi masalah dengan cara yang sulit, pastikan kalau kamu sudah memastikan memori internal ponsel Xiaomi masih cukup untuk memasang aplikasi tambahan.

Cara untuk memeriksanya bisa dengan buka aplikasi File Manager atau Pengelola File. Setelah itu informasi yang lengkap tentang ruang penyimpanan bisa muncul.

Nah, jika penuh silakan langsung hapus saja file dan data-data yang menurutmu memang tidak penting dan sudah tidak digunakan.

  1. Restart Ponsel

Selain cara cek dan menghapus file di atas, kamu juga bisa mengatasi aplikasi yang tidak terpasang dengan restart ponsel Xiaomi yang dipakai. Silakan langsung reboot saja atau muat ulang ponsel Xiaomi dengan cara yang biasa kamu gunakan.

  1. Install Aplikasi dalam Mode Pesawat

Cara lain yang bisa kamu coba dan memang cukup efektif adalah menginstall aplikasi ketika dalam mode pesawat. Saat ingin menginstal, maka cukup ubah mode biasa menjadi mode pesawat.

Saat kamu melihat ada perintah diblokir oleh Play Protect, klik tombol tetap Install. Kalau sudah berhasil, baru matikan mode pesawat.

  1. Pastikan Jaringanmu Stabil

Kadang koneksi jaringan memang kurang stabil saat ingin menginstal aplikasi lewat Google Play Store ataupun sumber yang lain. Hal itu bisa menyebabkan proses download bisa langsung terhenti, tertunda, maupun mengulang dari awal secara terus-menerus.

Solusinya yakni menggunakan paket data kuota yang lebih banyak serta jaringan stabil. Kamu bisa pakai WiFi kalau ingin kuota yang dihabiskan terlalu banyak.

Jadi saran kami, kamu hars terus memastikan bahwa koneksi stabil ketika ingin mendownload suatu aplikasi.

  1. Pastikan Memori Penyimpanan Cukup

Ukuran memori pada tiap tipe ponsel Xiaomi memang beda. Kadang aplikasi yang bakal kamu install ukurannya 70 MB tapi setelah terpasang bisa 300 MB. Memori melebihi kapasitas lantaran aplikasi yang dipakai terus menerus membuat cache dan data di dalamnya bertambah.

Solusinya yakni dengan cek memori secara berkala pada manajer file. Maka bisa terlihat berapa sih sisa memori yang tersedia. Setelah itu, hapuslah cache, file, dan aplikasi biar bisa memasang aplikasi yang lainnya.

  1. Cek Kompatibilitas dan Versi Aplikasi

Cara untuk mengatasi masalah ini yang lainnya adalah dengan cek kompatibilitas aplikasi dan versi sudah sesuai dengan tipe ponsel Xiaomi. Jika tidak sesuai, tentu saja aplikasi nggak bakal bisa terpasang.

Solusinya cari aplikasi versi lama dan tambahkan old version pada nama aplikasi yang ingin kamu unduh. Selain itu, lihatlah spesifikasi minimumnya.

Penutup

Itulah beberapa metode yang bisa kamu coba buat mengatasi aplikasi yang nggak bisa diinstal di ponsel Xiaomi. Semoga membantu.