Yuk, Kenali 6 Cara Berbicara dengan Percaya Diri dalam Bahasa Inggris!

Tampil percaya diri saat berbicara dalam bahasa Inggris adalah hal yang penting dalam proses belajar bahasa Inggris. Beberapa orang mengalami kesulitan dalam speaking karena kurangnya rasa percaya diri. Berikut beberapa cara berbicara dengan percaya diri dalam bahasa Inggris yang dapat membantu Anda.

Cara Berbicara Bahasa Inggris dengan Percaya Diri

  1. Menggunakan ‘Role Model’

Siapapun dapat menjadi role model untuk motivasi dan inspirasi bagi Anda dalam belajar bahasa Inggris, seperti selebriti, YouTuber, atau orang sekitar yang memiliki keahlian berbicara bahasa Inggris. Cara ini dapat membangkitkan keberanian untuk mulai berbicara dalam bahasa Inggris dan kepercayaan diri Anda pun akan tumbuh dengan sendirinya.

Namun, tetaplah berhati-hati dalam memilih role model. Pertimbangkan dengan baik latar belakang dan kebiasaan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Pilihlah sosok yang dapat membawa pengaruh positif dalam perkembangan bahasa Inggris Anda cara pandang Anda terhadap sesuatu.

  1. Mulai Berbicara dengan Simple English

Cara berbicara dengan percaya diri dalam bahasa Inggris selanjutnya yaitu mulailah berbicara dengan simple English. Speaking dengan susunan sederhana akan membantu proses latihan Anda. Anda tidak perlu menggunakan vocabulary yang terlalu rumit karena vocabulary sederhana merupakan langkah awal dalam meningkatkan kepercayaan diri Anda.

  1. Jangan Terlalu Fokus pada Grammar

Grammar merupakan hal penting untuk memberi penjelasan pada konteks kalimat tertentu karena perbedaan grammar dapat menghasilkan makna yang berbeda. Pemahaman tentang susunan kalimat yang benar menjadi hal yang penting. Anda harus mengetahui bagaimana menyusun kalimat dengan benar agar dapat mengucapkannya dengan tepat.

Namun, jangan terlalu terpaku pada grammar. Hal ini dapat membuat Anda merasa ragu dan terus berpikir ulang saat ingin berbicara dalam bahasa Inggris, serta enggan untuk berbicara bahasa Inggris sama sekali. Lakukan saja dengan pengetahuan yang Anda miliki. Semakin banyak Anda berbicara dan mengetahui kesalahan grammar, semakin cepat Anda dapat memperbaikinya.

  1. Dengarkan dan Ulangi

Cara berbicara dengan percaya diri dalam bahasa Inggris dapat dilakukan dengan mendengarkan. Mendengarkan orang lain berbicara bahasa Inggris merupakan cara terbaik untuk mempelajari pengucapan dalam bahasa tersebut. Anda dapat mendengarkan lagu bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, dan masih banyak lagi.

  1. Berbicara dengan Perlahan

Ketika belajar bahasa Inggris, mungkin Anda merasa tidak sabar ingin segera dapat berbicara cepat dan lancar, seperti native speaker atau seorang penutur asli. Sebaiknya Anda memulai berbicara dalam bahasa Inggris secara perlahan. Berhenti sejenak, ambil nafas dalam-dalam, pikirkan topik apa yang ingin Anda bicarakan.

Kemudian, ungkapkan apa yang ada dalam pikiran Anda secara pelan-pelan dan teratur. Dengan konsisten berlatih seperti ini, Anda pasti akan dapat berbicara seperti seorang native speaker dengan cepat maupun lambat. Anda dapat berlatih speaking secara perlahan dengan membacakan biografi Soekarno versi Inggris.

  1. Jangan Takut untuk Salah

Cara berbicara dengan percaya diri dalam bahasa Inggris terakhir yaitu tanamkan dalam dirimu bahwa tidak apa-apa melakukan kesalahan dalam proses belajar, selagi Anda tetap ingin berkembang dan terus belajar. Teruslah berusaha mencoba dan mengalami kesalahan. Hal itu jauh lebih berarti daripada hanya berdiam diri dan tidak mau mencoba sama sekali.

Penting bagi Anda untuk memiliki kepercayaan diri dalam berbicara bahasa Inggris. Anda dapat meningkatkan rasa percaya diri ini dengan mencari role model, mulai berbicara dengan Simple English, tidak terpaku pada grammar, listen and repeat, bicara pelan-pelan saja, serta tidak takut melakukan kesalahan.