Kenali Apa Itu Aplikasi Keluarga Sehat, Fitur dan Cara mengaksesnya

Aplikasi keluarga sehat merupakan salah satu jenis aplikasi yang menghadirkan penjelasan terkait data kesehatan sehingga mampu berikan bantuan pada masyarakat Indonesia. Aplikasi tersebut membuat masyarakat merasa tidak kerepotan lagi dengan data ataupun berkas yang perlu dilengkapi.

Aplikasi tersebut sengaja dikembangkan dalam rangka memberikan dukungan pada program Indonesia Sehat yang kini sudah menjadi bagian dari agenda Nawa Cita. Program tersebut ternyata perlu dilaksanakan dari badan kesehatan terkecil di masyarakat yakni puskesmas.

Tentu saja puskesmas tersebut mempunyai peranan besar saat menjalankan program dari aplikasi tersebut. Jadi bisa dikatakan menjadi kunci pelaksanaan program Indonesia Sehat. Program tersebut membutuhkan beragam data kesehatan masyarakat dan pastinya harus dikumpulkan sebagai database pemerintah.

Mengenal Fitur Dalam Aplikasi Keluarga Sehat

Aplikasi keluarga sehat ini mampu berikan fitur terbaru yang mampu membantu dalam hal pengelolaan data. Mungkin banyak yang belum mengetahui tentang beragam fitur didalamnya. Jika penasaran sebaiknya menyimak ulasan dari sumber Regendus berikut:

  • Fitur wilayah pekerjaan

Fitur kali ini fungsinya tak lain hanya untuk memetakan desa ataupun kelurahan dalam suatu regional yang berasal dari puskesmas. Caranya juga mudah dilakukan yakni hanya dengan masukkan data wilayah per desa ataupun per kelurahannya dalam satu wilayah kecamatan. Hal tersebut secara khusus akan dijalankan oleh admin PKM.

  • Fitur rukun warga

Adapun fitur yang satu ini tak lain hanya untuk memasukkan data yang berada dalam setiap RT maupun RW berdasarkan wilayah kerja mereka. Fitur tersebut hanya mampu dilakukan admin khusus PKM.

  • Fitur sasaran suatu wilayah

Fitur kali ini dihadirkan hanya sebagai langkah penentuan jumlah pendataan yang berada pada sasaran di suatu wilayah kerja puskesmas. Tentu saja fitur tersebut hanya akan dilakukan admin khusus PKM.

  • Fitur Tahun Aktif

Fitur sistem manajemen tahunan kali ini dipergunakan dalam pengolahan data. Dimana sistemnya bisa saja diubah serta diatur sebelumnya oleh bagian admin pusat.

  • Fitur transfer wilayah kerja

Fitur kali ini memang khusus dipergunakan untuk memindahkan data masyarakat saat mereka berpindah dari suatu wilayah menuju wilayah lainnya. Fitur tersebut sangat memudahkan masyarakat terlebih pasien dalam kondisi serius.

Mereka pastinya membutuhkan penanganan cepat jadi mereka tidak perlu merasa kerepotan lagi dalam hal pengurusan data. Mereka hanya perlu akses database sekaligus mempergunakan fitur yang satu ini.

  • Fitur target surveyor

Fitur kali ini fungsinya tak lain hanya untuk tingkatkan target kinerja surveyornya. Dimana mereka tentu saja mempunyai rasa tanggung jawab serta kepedulian akan data keluarga.

  • Fitur monitoring wilayah

Fitur kali ini fungsinya tak lain hanya untuk melakukan pengontrolan sebagai bentuk pencapaian surveyor antara data yang sudah mereka masukkan dengan target data mereka. Akankah mereka sudah mencapai targetnya ataukah belum.

  • Fitur IKS Puskesmas

Fitur kali ini fungsinya tak lain hanya untuk lakukan pemantauan indeks IKS dalam suatu regional puskesmas beserta indikatornya.

  • Fitur Crosstab

Fitur kali ini gunanya tak lain hanya untuk lakukan analisis data lewat raw data yang tadinya sudah diperoleh para admin PKM. Setelahnya barulah nanti diunggah pada aplikasi keluarga sehat berbentuk data lewat proses analisis.

Banyaknya fitur dalam aplikasi tersebut memungkinkan penggunanya merasa puas. Apalagi kini berkat hadirnya aplikasi tersebut, informasi terkait data kesehatan masyarakat bisa lebih mudah didapatkan.

Cara Mudah Akses Aplikasi Keluarga Sehat

Sebetulnya cara mengakses aplikasi keluarga sehat ini sudah tersedia dalam dua cara terbaik. Dimana anda bisa membukanya baik melalui website ataupun mengakses via smartphone. Supaya lebih jelas sebaiknya menyimak penjelasan di bawah ini.

  • Akses lewat website

Cara yang satu ini dilakukan melalui sebuah aplikasi keluarga sehat yang ada pada PC ataupun laptop. Tentu saja hal ini sangatlah cocok sekali untuk keperluan mendesak pada tempat pelayanan kesehatan besar seperti halnya dinas kesehatan maupun rumah sakit.

  • Akses lewat smartphone

Kali ini anda pun bisa melakukan proses pengunduhan aplikasinya hanya melalui playstore. Saat proses instalasinya selesai barulah anda bisa mempergunakan aplikasinya.

Cara pergunakan aplikasi keluarga sehat via android

Mungkin banyak yang belum mengerti akan cara menginput data dalam aplikasi keluarga sehat. Sebetulnya mudah dilakukan asalkan anda mengetahui langkah caranya. Supaya lebih jelas sebaiknya simak uraian berikut ini:

  • Pengunduhan aplikasi

Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu saja dengan melakukan pengunduhan serta instalasi terlebih dulu pada aplikasi keluarga sehat ini melalui playstore.

  • Lakukan log in

Kemudian anda bisa memasukkan username sekaligus password agar mampu melakukan log in. Ada baiknya tentukan pilihan tahun yang memang ingin dilakukan proses pendaftarannya.

  • Tambahkan data keluarga

Kali ini anda pun bisa tambahkan data keluarga hanya dengan memilih bagian pojok bawah kanan dengan bentuk plus. Sama halnya seperti yang ada pada tampilan website. Anda kini tidak perlu lagi masukkan semua data dari provinsi bahkan kecamatan.

Tetapi anda hanya perlu melengkapi semua data yang memang ingin diproses. Baik itu memilih kelurahan, RT. Bahkan RW serta nomor urut keluarga, nomor urut bangunannya bahkan data lainnya. Kemudian pilih saja lanjut pada bagian kanan bawah.

  • Pengisian data di bagian RT

Kemudian anda pun bisa masuk di bagian Blok2-RT. Lalu masukkan saja semua data yang dibutuhkan menurut jawaban atas pertanyaan yang berada dalam aplikasi.

  • Isikan datanya

Masuklah pada bagian blok 3 yakni pengumpul data. Ada baiknya isikan menurut data si pengumpul datanya kemudian klik lanjut jika selesai.

  • Pengisian data anggota RT

Masuk saja di bagian blok 4 yakni anggota rumah tangga. Apabila memang kosong sebaiknya klik tombol plus di bagian bawah kanan.

Kini anda bisa melakukan penginputan secara manual ataupun bisa menggunakan data yang sudah tersedia pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Apabila anda melakukan penginputan manual. Ada baiknya semua data yang dibutuhkan dari nama anggota keluarganya tersedia. Barulah kemudian simpan.

  • Mengisikan data individu

Selanjutnya anda pun bisa masuk pada bagian blok 5 yakni individu. Apabila anda berkeinginan lakukan survey. Ada baiknya segera pilih survey individu. Kini anda pun bisa masukkan semua datanya menurut pertanyaan yang telah tersedia. Apabila selesai, keterangan nantinya bisa berubah menjadi sudah disurvey.

  • Lakukan pengunggahan data

Langkah terakhir dimana anda kini bisa lakukan pengunggahan data secara online hanya dengan cara memilih upload saja ataupun bisa juga memilih sinkronkan agar mampu mengunggah banyak data.

Tentunya melalui aplikasi keluarga sehat ini semuanya terasa semakin mudah. wajar saja jika sekarang sudah banyak yang mengakses aplikasi tersebut.

Hadirnya aplikasi tersebut seakan menjadi suatu bentuk pemerintah dalam hal pengembangan kualitas pelayanan mereka melalui pemanfaatan pada kecanggihan teknologi. Meskipun awal peluncuran banyak orang yang masih belum paham terkait cara pakai aplikasinya.

Tetapi setelah membaca sekilas artikel di atas tentu saja membuat para pembaca semakin paham. Kini anda mampu mengakses aplikasinya dengan mudah melalui smartphone hanya dengan mengikuti setiap langkah yang ada.